Kamis, 07 April 2011

Internet dan Intranet

Definisi Internet dan Intranet

► Definisi Internet
    
   Definisi internet adalah rangkaian atau jaringan sejumlah komputer yang saling berhubungan. Internet berasal dari kata interconnected-networking. Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan suatu jaringan (network) dengan jaringan lainnya di seluruh dunia. Media yang menghubungkan bisa berupa kabel, kanal satelit maupun frekuensi radio.
    Jaringan internet bekerja bekerja berdasarkan suatu protokol (aturan). TCP/IP yaitu Transmission Control Protocol Internet Protocol adalah protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan di dalam internet sehingga data dapat dikirim dari satu komputer ke komputer lainnya. Setiap komputer diberikan suatu nomor unik yang disebut dengan alamat IP.
Beberapa hal yang berhubungan dengan internet adalah :
● WWW 
● HTTP
● URL
   WWW (World Wide Web) merupakan bagian dari internet yang cepat berkembang dan paling populer. WWW merupakan jaringan beribu-ribu komputer yang dikategorikan menjadi dua yaitu : client dan server. Dua hal yang perlu diperhatikan adalah software web server dan software web browser.
   HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang menentukan aturan yang perlu diikuti oleh web browser dan web server. HTTP merupakan protokol standar yang digunakan dalam mengakses dokumen HTML.
   URL (Uniform Resource Locator) adalah suatu sarana untuk menentukan informasi pada suatu web server. URL dapat diibaratkan sebagai suatu alamat. URL terdiri dari :
1. Protokol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi.
2. Nama komputer (server) dimana informasi tersebut berada.
3. Jalur atau path serta nama file dari suatu informasi.

► Definisi Intranet

     Intranet adalah Jaringan Komputer yang khusus untuk penggunaan pada lingkungan di dalam batasan suatu Organisasi. Dilihat dari sudut teknisinya, Intranet didefinisikan sebagai penggunaan teknologi Internet dan WWW (World Wide Web) di dalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN). Local Area Network (LAN) adalah sekumpulan komputer-komputer yang saling dihubungkan pada suatu daerah atau lokasi tertentu. Intranet memaksimalkan penggunaan LAN tersebut dengan menambahi kemampuan-kemampuan Internet kedalamnya

Persamaan dan Perbedaan Internet dan Intranet

     Internet merupakan jaringan komputer yang saling terhubung dengan jangkauan sangat luas / global.Srdangkan intranet adalah jaringan komputer yang saling terhubung dengan jangkauan sempit / terbatas penggunaannya. Intranet biasanya di bangun oleh suatu perusahaan atau organisasi.Berbeda dengan internet yang mampu diakses oleh publik, maka akses intranet terbatas pada pengguna / person yang ada kaitannya dengan perusahaan tersebut.

Persamaan
● Baik internet dan intranet merupakan jaringan komputer
● Biasanya menggunakan protocol yang sama yaitu Transmission Control Protocol /  Internet Protocol ( TCP / IP )

Perbedaan
● Internet mempunyai jangkauan luas/ global, sedangkan intranet jangkauannya sempit / terbatas.
● Internet dapat di akses oleh semua pihak, Intranet terbatas pada pihak – pihak tertentu.

Contoh




Tidak ada komentar:

Posting Komentar